Minggu, 04 Desember 2016

MAN Darussalam Ciamis



Terakreditasi A

Jln. Kyai Ahmad Fadlil II No.53 Kampus Pesantren Darussalam Ciamis PO BOX No. 2 Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis 46271


No. Tlp / Fax : ( 0265 ) 773624
Email : info@mandarussalam.sch.id
Kepala

Dra. Hj. Eulis Fadlilah Jauhar Nafisah, M.Pd.I


Visi
Menjadi madrasah yang unggul dalam pendidikan kepemimpinan dan pengajaran yang berbasis pesantren serta penanaman semangat siswa dalam meraih prestasi.
Misi
1. Mendidik dan membina siswa dalam proses pendidikan integral sebagai bagian dari pendidikan kepemimpinan yang kuat dan berkarakter.
2. Memadukan sistem pembelajaran madrasah dan sistem pendidikan pesantren yang bertumpu pada sikap akhlak mulia dan budaya menuntut ilmu yang terus menerus.
3. Mendorong dan membimbing siswa dalam menciptakan budaya prestasi, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan sosial.

Tujuan
1. Mendidik dan membina siswa yang unggul dalam kepemimpinan yang berkarakter sebagai bekal pendidikan selanjutnya.
2. Mendidik dan membina siswa dalam suasana pendidikan pesantren sehingga terbentuk kepribadian yang kuat, baik akhlak maupun semangat menuntut ilmu nya.
3. Mengondisikan siswa dalam budaya prestasi sehingga ketika sudah lulus dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.




Lembaga pendidikan formal pertama yang didirikan oleh Pesantren Darussalam Ciamis adalah Raudhlatul Athfal (RA) padatahun 1967 , kemudian pada tahun 1968 berdiri Madrasah Ibtidaiyah (MI) setingkat SD , dan Madrasah Tsanawiyah (Mts) setingkat SMP berdiri pada tahun 1969 . Kemudian pada tahun 1969 berdiri Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN) yang semula merupakan Madrasah Aliyah Swasta Darussalam Kabupaten Ciamis berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 62 Tahun 1969 pada tanggal 2 Juli 1969 . Dan dalam konsideran SK Menteri Agama tersebut dinyatakan bahwa selama Anggaran Belanja Departemen Agama untuk keperluan tersebut tidak mencukupinya , maka biaya pembinaan selanjutnya dibebankan kepada Pengasuh Pesantren Darussalam Ciamis (SK Terlampir) .
Dalam perjalanannya yang telah mencapai usia 46 tahunini , MAN Darussalam Ciamis berkomitmen pada aturan yang berlaku yang kemudian dikembangkan dengan arah kebijakan madrasah serta pendayagunaan potensi tenaga edukatif , tenaga administrative serta fasilitas sarana yang ada di MAN Darussalam Ciamis . Kondisi demikian tentu akan menunjukkan jati dirinya dalam menghasilakn lulusan yang berkualitas . Hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai keberhasilan yang dicapai peserta didik .
Demikian pula sebagai arah timbal balik hubungan madrasah dengan masyarakat , MAN Darussalam Ciamis telah menunjukkan perhatian serta kepercayaan masyarakat yang semakin positif . Hal ini pun dapat dibuktikan dengan peminat siswa dari tahun ketahun yang terus meningkat sehingga dalam penerimaan siswa baru diadakan seleksi melalui batasan nilai (Hasil ujian dan Tes Khusus) .
Kendatipun demikian ,sebagai suatu proses usaha pendidikan yang menghadapi berbagai heteroginitas dalam komponen-komponenny , maka tidak menutup mata terhadap berbagai kekurangan yang perlu disempurnakan . Oleh karena itu dalam mengoprasionalkan usaha pendidikan pada MAN Darussalam Ciamis ,secara berkesinambungan pimpinan madrasah  yang bermutu .
Dalam perjalanannya sampai sekarang , Alhamdulillah MAN Darussalam Ciamis telah mampu melengkapi dirinya dengan sarana dan prasarana yang tidak kalah dengan sekolah lainnya , demi mendukung pengembangan keilmuan yang diharapkan seluruh pihak , misalnya Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (LAB IPA) yang mencakup laboratorium Fisika , Kimia , dan Biologi . Selain itu dilengkapi pula dengan laboratorium Bahasa dan Laboratorium Komputer .
Demikian pula dengan unsur pendidiknya , MAN Darussalam Ciamis terus berusaha menjalin kerjasama  sesame pendidik dalam negeri maupun dengan para pendidik dari mancanegara , khususnya dari Asia dan Amerika , juga para siswanya pernah diikutsertakan dalam program pertemuan pelajar ke Jepang , dan guru ke Amerika Serikat (AS) .
Disamping itu , MAN Darussalam Ciamis tetap berpegang teguh pada prinsip utama yaitu mencetak manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tanpa melupakan keimanan dan ketaqwaan (Imtak) . Kegiatan keagamaan sesuai ciri Madrasah terus dikembangkan sehingga cita-cita tersebut bias tercapai .
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di MAN Darussalam Ciamis dapat tercapai apabila proses pembelajaran mampu membentuk pola prilaku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan ,serta dapat dievakuasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes . Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang matang dan terencana dengan baik supaya dapat memenuhi .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar