Minggu, 04 Desember 2016

Makalah TIK : Membuat dan Mengatur Tampilan Blog



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya serta kerja keras kami akhirnya dapat terselesaikan dengan baik makalah yang berjudul “Membuat dan Mengatur Tampilan Blog”.
Shalawat serta salam kami haturkan kepada Nabi tercinta Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya. Sehubungan dengan selesainya makalah ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Andi Ainunnajib, S.T., M.Pd.I. Selaku Dosen Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah memberi dukungan kepada kami sehingga dapat terselesaikannya makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini banyak kekurangan. Kritik dan saran yang membangun kami terima dengan senang hati. Semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak sebagai referensi untuk penulisan yang lain dan digunakan sebagaimana mestinya.

 

Ciamis, November 2016

Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian pesat dan sangat maju serta diminati dewasa ini mengacu pada sumber informasi yang sudah tak asing lagi yakni internet. Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan. Salah satunya melahirkan media baru yang di sebut blog.
   Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana dengan blog yang semakin lama semakin berkembang sehingga kita dapat menggunakannya untuk memperluas hubungan teman/kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Dan blog itu dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti ajang untuk memperoleh beragam info ataupun berbisnis. Blog sebagai sebuah media memiliki berbagai fasilitas sebagai sebuah website pribadi atau konstitusi.
   Web blog merupakan sarana penyampaian secara online yang memiliki fasilitas dasar internet yang mampu menembus batas ruang dan waktu. Blog juga merupakan media yang sangat interaktif dan media yang sangat dinamis untuk menambah wawasan dan eksistensi diri. Blog dapat pula di sebut sebagai media digital yang komunitas elektroniknya bertebaran di internet dan dengan sekian banyaknya blog di internet yang selalu mencari website-website yang menarik maka akan membuat blog semakin unik saja.
  Seiring dengan perkembangan zaman, belakangan ini sudah banyak beredar situs-situs yang menyediakan blog-blog gratis tanpa harus mengerti bahasa pemrogramannya. Salah satu portal blog paling populer di seluruh dunia yaitu Blogger.com yang juga memiliki komunitas terbanyak di bandingkan dengan penyedia blog gratisan lainnya.
  Blog mempunyai fungsi sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Blog?
2.      Bagaimana sejarah perkembangan Blog?
3.      Bagaimana cara membuat Blog?
4.      Bagaimana cara merubah tampilan template Blog?
5.      Bagaimana cara merubah tampilan tataletak Blog?

C.     Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memberikan pengetahuan atau informasi tentang Blog, dari mulai pengertian, sejarah perkembangan, cara membuat, serta cara merubah berbagai tampilan Blog bagi para pembaca.
Kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat untuk menjadi bahan penambah informasi tentang Blog supaya para pembaca dapat memahami dan mempraktekkan sendiri bagaimana cara-cara membuat dan merubah tampilan Blog dengan mudah.


 BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Blog
Secara etimologi, Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word, PDF, dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger. Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kepribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya.

B.     Sejarah Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Beberapa website yang memberikan layanan blog bagi anggotanya:
1.      Blogger atau blogspot (http://www.blogger.com)
2.      Blogdrive (http://www.blogdrive.com)
3.      Wordpress.com (http://www.wordpress.com)
4.      Blogsome (http://www.blogsome.com)
5.      Edublogs.org (http://www.edublogs.org)
6.      Efx2.com (http://www.efx2.com)

C.    Cara Membuat Blog
·         Langkah pertama untuk membuat Blog adalah menyiapkan email yang masih aktif atau sering dipakai.
·         Jika belum memiliki email, maka harus membuat akun email terlebih dahulu, maka silahkan masuk ke website www.gmail.com, kemudian buatlah email dan masukkan data sesuai dengan yang dibutuhkan.
·         Setelah memiliki email, lalu masuklah ke website www.blogger.com kemudian klik tulisan “BUAT BLOG” pada kotak berwarna orange yang berada ditengah layar.
·         Setelah mengklik tombol tersebut maka akan muncul tampilan baru, yaitu untuk memasukkan alamat email yang telah dipersiapkan tadi.
·         Masukkan alamat email dan kode sandi email anda di kolom seperti di bawah ini.
·         Kemudian akan muncul tampilan Daftar Blog, langkah selanjutnya adalah mengisi Judul dan Alamat Blog. Isi Judul Blog sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, kemudian isi Alamat Blog dengan contoh mynewblogadress.blogspot.com, bila alamat tersebut sudah ada yang menggunakan, maka carilah alamat lain sampai alamat tersebut tersedia dan berhasil digunakan. Lalu pilih template sesuai keinginan, setelah dipilih, lalu klik tombol “Buat Blog!” yang ada di bawah kanan layar.
·         Selanjutnya akan muncul tampilan dasbor blog, yang artinya blog tersebut sudah jadi dan sudah bisa digunakan untuk memposting artikel dan sebagainya.
·         Untuk melihat tampilan Blog yang telah dibuat, klik tombol “Lihat Blog” yang ada di kiri atas.


D.    Cara Mengganti Template
1.      Langkah pertama adalah login ke dasbor blogspot.
2.      Klik link menu Template. Kemudian akan muncul dua kolom tampilan blog  yaitu tampilan untuk web dan untuk seluler. Di bagian bawah tab kolom tersebut, terdapat dua pilihan, lalu klik “sesuaikan”.
·      Melalui menu tersebutlah kita meracancang template blogger buatan sendiri. Silahkan klik menu tersebut. Kita akan diarahkan pada halaman "Perancang Template Blogger".
·      Di sana terdapat beberapa menu pembuatan template, yaitu Template, Latar Belakang, Susutkan Lebar, Tata Letak, dan Tingkat Lanjut.
·      Menu Template : pada menu ini, kita bisa memilih jenis template yang telah disediakan oleh Blogspot. Ini hanya sebagai template dasar saja. Istilahnya template master. Silahkan pilih salah satu, misalnya jenis "Simple/Sederhana". Disana juga terdapat beberapa sub pilihan template dari jenis "Simple". Anda boleh memilih salah satunya.
·      Menu Latar Belakang : pada menu ini, kita memilih gambar-gambar yang telah tersedia untuk dijadikan sebagai background template blog rancangan kita. Menariknya, Blogspot telah menyediakan banyak gambar yang bisa kita gunakan. Jenis-jenisnya juga sangat banyak. Kita juga bisa memakai gambar milik kita sendiri dengan mengklik “unggah gambar”.

·      Anda juga bisa memilih warna utama template blog rancangan kita dengan mengklik pilihan pada "Tema warna utama".
·      Menu Sesuaikan Lebar : berguna untuk mengatur lebar template yang ingin kita rancang, baik lebar keseluruhan (entire blog), maupun lebar tiap sidebar blog kita (left sidebar atau right sidebar).
·      Menu Tata Letak : menu ini cukup penting. Melalui menu ini kita mendesain layout blog hasil rancangan kita. Pada menu ini terdapat 3 sub menu:
ü  Tata Letak Isi : mengatur jumlah kolom, jumlah sidebar, dan penempatan sidebar pada template rancangan.
ü  Tata Letak Kaki : hampir sama dengan "body layout", hanya saja sub menu ini dikhususkan untuk mengatur jumlah kolom pada footer.
·      Menu Tingkat Lanjut : menu ini bertujuan untuk mengatur bentuk tulisan dan pewarnaan tulisan dari template yang kita rancang. Misalnya jenis font judul blog, warnanya, ukuran fontnya, dan sebagainya.

Jika merasa sudah puas dengan rancangan yang sudah diatur, silahkan klik tombol “TERAPKAN KE BLOG” yang ada di sudut kanan atas. Kemudian silahkan lihat hasilnya.

E.     Cara Mengatur Tata Letak
Setelah mengatur bagian kolom dan post pada perancang template blogger/blogspot. Maka langkah selanjutnya adalah mengatur tata letak, yang dimaksud dengan tata letak disini adalah posisi widget atau sidebar, dan format tampilan.
Berikut adalah menu dari tata letak, yang berupa bagan-bagan yang bisa diatur sesuai keinginan.
Pada pengaturan tata letak di blogger/blogspot ini anda bisa melakukan hal berikut:

1.    Mengganti Icon Favicon pada Blogger/Blogspot
Icon yang muncul di tab browser seperti ini:

Langkahnya: 
·         Pilih edit pada Favicon, lalu upload icon image, disarankan 32x32 bisa berupa png, gif, jpeg.
·         Simpan jika sudah terupload, maka hasilnya akan seperti ini:

2.    Menghapus Navbar (Navigation Bar pada Blogger/blogspot)
Secara default, blog yang dipublish akan memiliki navigasi bar seperti ini dibagian atasnya.

·         Untuk menghilangkannya cukup mudah, pada bagan Navbar, tekan edit, maka nanti muncul jendela popup seperti ini:
·         Anda bisa memilih navbar jika ada yang disuka, atau off untuk menghapus/ menyembunyikannya.

3.    Mengganti Judul Blog, Deskripsi, dan Logo Blog pada Blogspot/Blogger
Selain mengganti judul blog dan deskripsi melalu setelan, anda juga dapat menggantinya di pengaturan tata letak ini. Tekan edit pada bagan "Tajuk (header)" maka akan muncul popup untuk mengatur keterangan situs blog.

4.    Mengatur Tata Letak Posting
Untuk mengatur tata letak posting anda bisa edit pada "Posting Blog", berikut adalah opsi yang ada pada pengaturan tata letak posting blog.
5.    Menambah widget / elemen / gadget pada sidebar/footer.
Untuk menambah gadget (istilah di blogger, di situs lain bisa bernama widget, elemen, dsb). Cukup tekan tambahkan gadget di lokasi sidebar/footer yang anda inginkan. Lalu anda bisa menambah gadget-gadget yang tersedia oleh blogger/blogspot.

Untuk menambahkan kalender atau jam, atau animasi lain pada blog, maka klik “HTML/javascript” pada menu tambahkan gadget tersebut, kemudian masukkan kode HTMLnya, setelah itu simpan, maka tampilan blognya akan berubah sesuai keinginan. Sebelum menyimpan, ada baiknya dilihat dulu previewnya, tekan tombol preview/pratinjau:

Untuk pratinjau akan terlihat seperti ini:

Jika dirasa sudah cocok, tekan simpan setelan, jika ingin kembali ke default atau ke setelan yang telah tersimpan sebelumnya, tekan saja tombol hapus.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari uraian bab-bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa Blog merupakan kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word, PDF, dll), gambar ataupun multimedia. Untuk pembuatanya pun tidak terlalu sulit, hal itu bisa kita lihat dari uraian BAB II yang menjelaskan bagaimana cara membuat dan mengatur tampilan dari blog.

B.     Saran
Sebagai mahasiswa kita harus mampu menggunakan teknologi yang ada dengan baik. Dengan mempunyai sebuah blog kita dapat memanfaatkannya sebagai media belajar dan berbagi ilmu pengetahuan. Tampilan atau design yang menarik pada blog, dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung blog. Disamping itu, sebaiknya kita juga harus hati-hati terhadap hacker yang dapat merugikan kita.
Demikian makalah yang kelompok kami buat, kami menyadari bahwa penulisan makalah ini jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami memohon maaf atas segala salah dan kekurangan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dan semoga makalah ini bisa menjadi referensi bagi penulisan lain dan dapat memberi sumbangsih bagi khazanah ilmu pengetahuan. Segala bentuk saran dan kritik para pembaca akan kami terima dengan senang hati untuk perbaikan penulisan selanjutnya.

 


DAFTAR PUSTAKA

Sanjaya, Ridwan. 2009. Step by Step Blogspot. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sutisna, Dadan. 2007. Belajar Mudah Menggunakan Internet. Bandung: CV Citra Karya Utama Press.
Susanto, Hari. 2011. Pengertian dan Sejarah Blog. [online] tersedia: http://www.kompasiana.com/harisusanto/pengertian-dan-sejarah-blog_55006e3ba33311fb6f510fd6. Diakses pada tanggal 06 November 2016, pukul 17.00.
Situs : www.blogger.com
Situs : www.gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar